Minggu, 03 Mei 2009

15 Cara Memasak yang sehat

15 Cara Memasak yang sehat

Kebersihan dapur dan peralatan memasak yang dipergunakan, harus selalu terjaga. Kondisi dan tindakan saat mengolah makanan juga merupakan hal penting. Ini akan mencegah makanan terkontaminasi bakteri dan menjadi sarang penyakit. Ikuti 15 langkah berikut ini:

  1. Jaga supaya lantai sampai bagian dalam lemari dapur tetap kering, bersih, dan rapi.
  2. Jangan pernah merokok di dapur, khususnya saat menyiapkan dan menangani makanan.
  3. Jaga supaya permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan dalam keadaan bersih dan kering.
  4. Disinfeksi alat-alat masak dengan air hangat dan deterjen sesering mungkin, serta segera lap tumpahan makanan.
  5. Jauhkan binatang peliharaan dari dapur. Jangan pernah biarkan mereka berkeliaran di dapur dan ikut "bekerja" bersama Anda.
  6. Jika sedang sakit, misalnya sakit perut atau flu, sebaiknya Anda tidak menangani makanan.
  7. Sebelum mengolah makanan, lepaskan perhiasan, termasuk cincin dan jam tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan deterjen. Pastikan juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menangani bahan makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah atau memegang binatang peliharaan.
  8. Balutlah luka iris dengan kain atau plester steril yang tahan air. gantilah kain atau plester itu setiap hari sampai luka itu sembuh.
  9. Lapisi tempat sampah dengan plastik belanja yang masih utuh. Buanglah sampah setiap kali pekerjaan dapur selesai. Cuci dan keringkan tempat sampah sebelum memasang kantung plastik yang baru.
  10. Hindari "menyampah" di meja dapur, dekat dengan makanan matang, atau dekat makanan yang sedang diolah.
  11. Segera buang sisa-sisa cucian piring seperti remah-remah makanan, tulang ikan, dan lain-lain. Jangan menunggu sampai banyak karena sisa makanan cepat membusuk dan bisa menyebarkan penyakit.
  12. Saat menangani makanan, gunakan celemek yang bersih, baju lengan pendek atau lengan panjang yang digulung rapi. Ikat rambut ke belakang, jangan sampai tergerai atau menutupi wajah.
  13. Bersihkan permukaan meja dan peralatan dapur, pisau misalnya, pada tiap tahap penanganan bahan pangan. Jangan menggunakan peralatan yang sama untuk menangani bahan pangan mentah dengan makanan masak, kecuali sebelumnya telah dicuci bersih dan dikeringkan. Lap permukaan kaleng dari makanan kaleng sebelum dibuka, dan bersihkan debu serta kotoran yang melekat.
  14. Gunakan sendok untuk mencicipi masakan. Jangan gunakan jari atau telapak tangan. Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dulu
  15. Cuci peralatan masak dan alat-alat pemotong dengan air hangat dan deterjen. Bilas secara menyeluruh dan tiriskan sampai mengering sendiri, atau bisa juga menggunakan lap bersih.Ganti dan cucilah pakaian, celemek, lap tangan, serta lap untuk menangani makanan, idealnya setiap hari. Setelah digunakan, rendamlah talenan baik yang dari plastik atau kayu dengan air panas dan deterjen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar