Selasa, 09 Juni 2009

Tortila

Bahan

500 gr tepung terigu protein sedang

5 gr baking powder

5 gr garam

40 gr olive oil / minyak kelapa

200 ml air mendidih

Cara membuat

  1. Campur bahan kering menjadi satu
  2. Tambahkan minyak (olive oil) aduk gunakan sendok kayu hingga berbulir-bulir, masukan air mendidih ke dalam adonan, aduk hingga semua bahan menyatu dan tidak lengket pada wadah.
  3. Uleni adonan selama 5 menit hingga lembut dan mudah dibentuk bulat, letakan pada wadah lalu tutup wadah dengan plastik atau lap bersih, istirahatkan selama 30 menit.
  4. ambil adonan dengan berat 30 gr lalu bentuk bola-bola berdiameter 3 cm, lakukan hal ini hingga adonan habis. lalu istirahatkan selama 5 menit hingga bola2 adonan agak lembab.
  5. Ambil satu bola adonan, pipihkan, lalu giling hingga tipis (kalau tidak tipis, adonan tidak akan mengembung sempurna ketika di panggang)
  6. Panggang di atas wajan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, lalu kecilkan api kompor, letakan adonan yang sudah tipis diatasnya, perhatikan adonan yang mulai bergelembung-gelembung, lalu tekan pelan gelembung2 tersebut hingga bertemu dengan gelembung yang lain, hingga menjadi satu gelembung besar , lalu balik tortilla hingga masak dan gelembung tortilla kempis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar